Pentingnya Imunisasi Anak Di Tengah Wabah Corona, ZAP Bantu Layanan Kesehatan

JAKARTA,BERNAS.ID - Penyebaran virus Corona memicu kekhawatiran para ibu, khususnya mereka yang baru saja memiliki bayi. Kini mengantarkan anak untuk mendapatkan imunisasi menjadi keputusan yang tidak mudah. Pergi ke luar rumah dan mendatangi fasilitas umum di tengah wabah Corona berarti memperbesar potensi anak terpapar virus. Namun di sisi lain, imunisasi merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan anak. Kondisi ini mengakibatkan banyak ibu ragu dan berpikir untuk menunda pemberian imunisasi anak.

Merespon situasi saat ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa imunisasi anak tidak lagi disarankan untuk ditunda, terutama bagi bayi atau anak yang masih sangat muda. Anak yang imunisasinya sempat tertunda sebaiknya direncanakan imunisasi kejar. Penundaan pemberian imunisasi sebaiknya dihindari karena anak belum memiliki kekebalan tubuh yang maksimal sehingga rentan terserang penyakit.

Kekhawatiran para ibu turut dirasakan oleh ZAP, yang berinovasi untuk membantu menghadirkan solusi bagi para ibu yang ingin memastikan sang buah hati tetap mendapatkan imunisasi  yang aman di tengah situasi saat ini. ZAP Clinic kini memperkenalkan layanan kesehatan ZAP Health yang akan tersedia setiap hari mulai pukul 09.00 sd 12.00 siang di seluruh jaringan klinik ZAP guna menyediakan imunisasi lengkap bagi anak usia 0-18 bulan dan ditangani langsung oleh dokter. Sedangkan untuk brand premium ZAP Premiere, menghandirkan dokter spesialis pelayanan kesehatan Anak tersedia lebih lengkap dan profesional. Layanan imunisasi anak di ZAP Premiere tersedia sepanjang hari sesuai jadwal praktik dokter spesialis anak.

“Dengan adanya layanan ZAP Health, kami berharap dapat memperluas akses terhadap imunisasi anak, sehingga para ibu dapat menjalankan imunisasi sesuai jadwal untuk sang anak. Khusus di ZAP Premiere kami menghadirkan layanan dokter spesialis anak sesuai jam praktek setiap dokter. Kami juga berusaha menjalankan standar keamanan. Untuk saat ini kami hanya melayani anak yang dalam kondisi sehat.” kata CEO ZAP Clinic Fadly Sahab, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/6/2020).

Jenis imunisasi anak yang tersedia pada layanan ZAP Health cukup lengkap sesuai dengan rekomendasi IDAI untuk anak usia 0-18 bulan. Mulai dari influenza, hepatitis A & B, polio, BCG, campak, pentavalen, MMR, tifoid, rotavirus, pneumokokus, varicella dan japanese encephalitis. Pemberian vaksin dilakukan oleh dokter dengan durasi kunjungan hanya sekitar sepuluh sampai lima belas menit. Selain itu, jika diperlukan para ibu juga dapat melakukan konsultasi dengan para dokter spesialis anak kami yang juga tersedia secara online.

“ Dalam pemberian imunisasi, harus juga diperhatikan untuk memisahkan anak yang sehat dan sakit, serta mengatur durasi anak berada di luar rumah,” tambah konsultan pediatri ZAP Clinic dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, M.Kes.(fir)

 

Liputan Media Online
09.06.2020
 

 

Testimonial

Locations

Video

 

 
 

 
Online Consultation