Konsumsi Makanan Ini Agar Kulit Sehat

Blog Lifestyle
24.11.2021
 
 
Mau Punya Kulit Sehat? Konsumsi Makanan Ini

Kulit yang mulus dan sehat tentu didambakan semua orang. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit kamu tetap sehat selain menggunakan skincare, asupan makanan yang kamu makan juga dapat memengaruhi kesehatan kulit kamu loh. Pasalnya, di dalam makanan yang kamu konsumsi termasuk protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Berikut ini bahan-bahan makanan yang dapat membantu kulit kamu ternutrisi dan sehat.
1. Tomat
Tomat mengandung likopen yang dapat melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari. Sebuah penelitian mengungkapkan seorang yang terkena paparan sinar UV langsung diketahui mengalami kerusakan kulit yang lebih ringan setelah mengonsumsi 40 gram tomat secara rutin.

2. Ikan
Mengonsumsi ikan, seperti ikan kembung, tongkol, salmon dan tuna, juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih sehat. Ini karena kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan mampu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembap.

3. Teh Hijau
Ternyata teh hijau juga bermanfaat untuk menyehatkan kulitmu loh. Senyawa katekin di teh hijau berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit. Sebuah studi bahkan menemukan, orang yang mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat mengurangi risiko terkena jerawat dan kemerahan di kulit akibat paparan UV. Tidak hanya itu, teh hijau juga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

4. Alpukat
Buah alpukat mengandung vitamin A, vitamin C, lemak sehat, dan serat. Aneka kandungan nutrisi tersebut merupakan kombinasi yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit. Penelitian menemukan bahwa kandungan nutrisi di dalam alpukat bermanfaat untuk melawan munculnya tanda penuaan dan keriput akibat paparan sinar matahari.

5. Brokoli
Brokoli sarat akan vitamin C, lutein, serta zinc. Lutein sendiri merupakan zat serupa beta karoten, yaitu pigmen alami yang terdapat di dalam buah dan sayuran. Ketiga jenis nutrisi inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari bahaya radikal bebas. Bagi kamu yang ingin memiliki kulit mulus dan sehat, sebaiknya mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat yang sudah disebutkan di atas secara rutin. Pastikan juga kamu mengimbangi dengan gaya hidup sehat, seperti memperbanyak konsumsi air putih agar kulit kamu selalu terhidrasi, istirahat yang cukup, serta rajin berolahraga agar hasilnya optimal.

Berikut beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk bantu menutrisi kulit kamu agar tetap sehat, kamu juga dapat mengonsumsi makanan bergizi lainnya seperti kedelai, minyak zaitun, buah-buahan serta sayuran lainnya. Happy ZAP Life!
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
WhatsZAP