Jaga Tubuh Tetap Sehat Selama Berpuasa Saat Pandemi, Lakukan 4 Hal Ini!

Blog Lifestyle
15.04.2021
 
 
Pastinya bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, tidak hanya bagi umat muslim yang ada di Indonesia, namun juga seluruh dunia. Pasalnya, umat muslim harus menjalani ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Selain kita harus menahan rasa lapar dan haus, kita juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan sekaligus menjaga sistem imun.

Tubuh kita pasti memerlukan nutrisi yang seimbang serta cairan yang cukup agar stamina dan imun tetap terjaga. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa selalu tetap fit selama berpuasa di masa pandemi ini?

Berpuasa dapat sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa tips puasa yang bisa kamu jalankan saat pandemi agar kebugaran dan sistem imun tubuh tetap terus terjaga:

1. Perbanyak Minum Air Putih
Saat berpuasa, tubuh kehilangan banyak cairan. Dampak dari kurangnya cairan selama siang hari akan berpengaruh pada kulit. Untuk itu, usahakan agar memiliki asupan air mineral yang mencukupi pada saat sahur dan berbuka puasa. Air mampu membuat tubuh lebih segar, kulit tetap Lembab dan tidak kering. air putihlah yang lebih dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang dan menjaga sistem imun agar Anda tidak cepat dehidrasi.

2. Berolahraga
Salah satu cara menjaga imunitas tubuh adalah aktif bergerak yaitu dengan berolahraga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga di bulan puasa. Idealnya, kamu dapat olahraga sebelum berbuka puasa. Berolahraga sebelum berbuka puasa dapat lebih banyak dalam membakar lemak. Jogging atau zumba dengan intensitas selasa 30 – 45 menit dengan intensitas sedang dapat menjadi solusi pilihan kamu buat berolahraga yang dapat dicoba selama berpuasa.

3. Mengatur tidur yang cukup
pola tidur juga tentunya akan mengalami perubahan saat puasa. Orang yang menjalankannya akan terbangun dini hari untuk sahur dan tidur malam hari untuk beribadah. Sebulan penuh menjalani rutinitas yang berbeda lama-kelamaanakan membuat kamu drop. Ada baiknya memajukan waktu tidur. Contohnya, terbiasa beristirahat di jam 11 malam, maka akan lebih baik jika kita mencoba untuk mulai tidur lebih awal 1 jam atau 2 jam sebelumnya.

Jika sedang bekerja di kantor biasanya jam istirahat di siang hari akan digunakan untuk makan siang. Namun pada saat bulan puasa, baiknya kamu gunakan untuk beristirahat. Walaupun hanya sebentar. namun hal tersebut sudah cukup untuk membantu mengembalikan energi.

4. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah
Ketika menjalani puasa pasti seringkali lupa untuk mengkonsumsi sayur dan buah sebagai salah satu menu makanan. Padahal sayur dan buah memiliki ragam manfaat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. mengonsumsi sayuran bisa menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Sebab, sayur sendiri mengandung serat yang berguna untuk menahan lapar. Sayur dan buah bisa menjadi antibodi alami yang baik bagi tubuh. Di mana keduanya berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit dan segar.

Itulah tadi beberapa tips untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh selama menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi corona. Apabila, keempat hal ini telah kamu jalani, niscaya tubuhmu akan tetap fit selama menjalankan puasa saat pandemi. Selamat menjalankan ibadah puasa!
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
Online Consultation