Jadi Tren, Ini Dia Plus-Minus Penggunaan Strap Mask!

Blog Lifestyle
20.03.2021
 
 
Penggunaan tali pengait masker atau yang biasa disebut dengan strap mask semakin menjadi tren di masa pandemi COVID-19 ini. Tujuannya agar saat tidak digunakan, seperti makan, masker dapat dilepas dan digantung ke dekat dada jadi lebih praktis karena tidak perlu menyimpan masker di dalam pouch.

Namun taukah kamu kalau sebenernya justru tidak dianjurkan? Menurut dr. Mega dari Medical & Training Team, tidak dianjurkan karena membuat masker yang digunakan menjadi terkontaminasi. Masker yang dikalungkan di dada terdapat resiko terkena droplet yang menempel di area di dalam masker.

Masker tersebut juga akan menempel di pakaian sehingga bisa terjadi kontaminasi silang atau bisa juga jadi terkomintasi virus ke bagian masker karena terkekspos oleh udara luar. Penggunaan strap mask ini sebenernya tidak dianjurkan secara medis. Karena itulah dr. Mega mengatakan bahwa tidak ada tips khusus atau anjuran untuk membuat jadi lebih aman dan efektif untuk mengendalikan penyebaran covid 19.

Tapi bagaimana sih cara terbaik menyimpan masker saat tidak terpakai? Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:
1. Simpan masker di kantong kertas seperti amplop bersih
2. Jika tidak ada amplop, bisa menyimpannya di dalam pouch yang bersih dan tertutup
3. Selalu membawa cadangan masker untuk bisa diganti secara berkala jika sudah kotor

Terakhir, setelah melepas masker, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun ya! Nah, kamu sendiri gimana, lebih memilih pakai strap mask atau enggak? Mekipun begitu, apabila kamu merasa terbantu dengan adanya keberadaan strap masker ini, tidak ada salahnya untuk mengubah perilaku terkait tren kesehatan yang kini tidak dianjurkan.
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
WhatsZAP