Ketahui perbedaan PCR Test, Swab Antigen dan Rapid Test

Blog Health
07.01.2021
 
 

PCR Test, Swab Antigen dan Rapid Test istilah ini sedang mendominasi pembicaraan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Ketiga tes ini digunakan masyarakat untuk mengetahui kemungkinan terinfeksinya Covid-19.

Pemberitaan mengenai ketiga tes pun sering muncul di berbagai media. Namun, Namun, agar tidak bingung saat melakukan pemeriksaan tidak ada salahnya mengingat kembali tentang rapid test, swab antigen, dan test PCR.

  1. Rapid Test

Rapid test hanya untuk melihat keberadaan antigen dan antibodi. Pengujian ini biasa dilakukan melalui pengambilan sampel darah dari tubuh pasien. Rapid test akan mengenali protein antibodi dalam sampel tersebut. Akurasi rapid test berisiko tidak akurat apabila dilakukan pada yang belum pernah terinfeksi virus corona.

  1. Swab Antigen

Swab antigen merupakan penerapan uji Covid-19 dengan pengambilan sampel di pangkal hidung dan tenggorokan. Sampel diambil dengan swab test atau tes usap sehingga mirip dengan pelaksanaan test PCR. Swab antigen berisiko memberikan hasil false negative dan false positive. Risiko muncul apabila reagen salah mengenali protein Covid-19 atau sama sekali melewatkannya.

  1. Test PCR

Teknologi Polymerase Chain Reaction (PCR) merupakan tes yang mendeteksi penyakit dengan mencari jejak materi genetik virus Covid-19 pada sampel. Test PCR memberikan hasil paling akurat walaupun memerlukan waktu yang lebih lama. Selain itu, test PCR hanya bisa dilakukan tenaga yang sudah terlatih karena membutuhkan peralatan dan bahan kimia khusus yang dikenal sebagai reagen.

Pandemi virus Corona yang terjadi hampir di seluruh dunia dan telah memakan korban sekitar 21.000 jiwa ini tentu harus semakin menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, kita wajib membekali diri dengan segala informasi yang tepat terkait virus Corona.

Segera deteksi dini virus COVID-19 jika Anda merasa mengalami gejala-gejalanya atau jika Anda merasa sudah melakukan kontak dengan seseorang yang terindikasi positif terinfeksi virus COVID-19. Penanganan virus COVID-19 yang tepat dan akurat dapat menyelamatkan hidup Anda dan orang-orang di sekitar Anda

 
 
WhatsZAP