Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi

Blog Health
16.08.2021
 
 
Sebagian masyarakat masih meragukan dari ke efektifan vaksin covid-19 padahal KIPI tidak berlaku untuk vaksin Covid-19 saja, namun terjadi pada semua vaksin. Karena vaksin covid-19 terbilang cukup baru, maka dari itu berita dimana-mana cukup heboh. Supaya tidak ragu untuk segera dapatkan vaksin covid-19 ini, mari kita bahas tentang KIPI ya.

KIPI adalah singkatan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau biasa dikatakan KIPI adalah keluhan medis yang tidak diinginkan, terjadi setelah pemberian imunisasi ataupun vaksinasi. KIPI sendiri bisa berupa efek samping yang sangat ringan sekali sampai dengan efek samping yang lebih berat. Tapi, perlu diingat KIPI belum tentu memiliki hubungan dengan produk ataupun dengan keefektifan vaksinnya.

KIPI yang mungkin terjadi terbagi menjadi tiga (3) kelompok. Pertama, reaksi lokal berupa nyeri, bengkak atau kemerahan di area bekas suntikan. Kedua, reaksi sistem imun. Misalnya, demam dan nyeri otot di seluruh tubuh atau di sebut myalgia, nyeri sendi atau arthralgia dan juga merasakan badan terasa lemas atau sakit kepala. Ketiga adalah reaksi alergi yang sering muncul berupa biduran atau untikaria dan yang paling parahnya jika alergi berat atau anafilaksis.

Setelah melakukan vaksinasi, kamu biasanya harus menunggu 30 menit. Hal ini di maksudkan untuk memantau apakah ada reaksi yang terjadi setelah melakukan vaksinasi. Jika tidak terjadi reaksi seperti yang sudah di sebutkan, maka sudah bisa langsung kembali ke rumah dan beristirahat. Jika ada gejala, maka akan di berikan obat-obatan sesuai dengan keluhan dan yang terpenting jangan panik. Karena tubuh sedang berusaha membentuk sistem imun atau kekebalan tubuhmu. Jika mengalami gejala berat, segera konsultasikan dengan dokter.
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
WhatsZAP