Lupa hapus make up bisa bikin muka cepet tua? Simak jawaban dari dokter!

Blog Beauty
21.05.2021
 
 
Banyak dari kita karena lelah setelah beraktifitas seharian dan lupa menghapus make up dan langsung tidur. Hal ini harus di perhatikan dan jangan sampai jadi kebiasaan. Kalau lupa hapus make up, bisa menyebabkan lebih cepat keriput loh! Menurut dr.Mega Putri kalau lupa hapus lipstik saja saat tidur, nanti bibirnya jadi tidak terhidrasi atau tidak bisa bernafas karena tertutup oleh lipstick. Akibatnya, bibir menjadi kehilangan kelembapannya. Hal itu bisa membuat bibir lebih kering, kasar dan bisa juga sampai pecah-pecah.

Jika lupa menghapus eye make up atau tidak dibersihkan bisa menyumbat folikel rambut, kelenjar minyak, dan bakteri yang dapat memicu iritasi. Beberapa iritasi yang mungkin terjadi adalah mata merah (kojungtivitis) dan blefaritis, yaitu peradangan pada tepi kelopak mata yang menyebabkan bagian tersebut menjadi bengkak dan merah. Selain itu, bisa juga membuat bulu mata menjadi rapuh & mudah rontok. Apalagi jika lupa membersihkan foundation dan make up lainnya yang masih menempel pada wajah . Pastinya semua bahan kimia akan bercampur dengan keringat, selain itu bisa juga bercampur dengan debu, polusi, dan minyak di wajah.

Kombinasi make up dan kotoran tersebut bisa menyumbat pori-pori kamu dan memicu munculnya komedo dan jerawat. Pada dasarnya tidak ada aturan baku harus berapa lama menghapus make up sebelum tidur. Tidur dengan wajah ber-make up tidaklah baik karena produk-produk make up tersebut akan menyerap ke wajah. Namun, jika hanya tidur 15-25 menit dengan wajah masih full make up, mungkin tidak terlalu berbahaya. Nah, kalo tidurnya lebih lama dari itu, sebaiknya jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah kamu dahulu ya, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keriput.

Keriput ini sebenarnya terjadi alami seiring bertambahnya usia, dikarenakan produksi kolagen yang semakin menurun. Namun proses keriput ini bisa terjadi lebih cepat kalo kamu tidur pake make up. Karena make up kamu bisa terperangkap di wajah dan memecah kolagen yang berperan penting untuk mengencangkan kulit. Karena tidur adalah waktu terbaik bagi kulit untuk bernapas dan meregenerasi kulit wajah. Jadi, jangan lupa menghapus make up sebelum tidur ya supaya kulit wajah kita tetap sehat dan tidak muncul masalah pada kulit wajah. Happy ZAP Life!
 
 
Online Consultation