Mencegah Masalah Kulit Akibat Masker

Blog Beauty
01.04.2021
 
 
Selama di masa pandemi, menggunakan masker merupakan cara terpenting untuk melindungi diri dari penyebaran virus dari COVID-19. Meski masker jadi pelindung dari virus, pemakaian yang cenderung lama dapat menyebabkan permasalahan kulit.

Menimbulkan gesekan, dan menghasilkan panas yang dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama pada orang dengan kondisi kulit sensitif. Menurut dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV dermatologist dari ZAP Premiere Central Park yang pertama dapat terjadi gatal dan ruam pada wajah. Hal ini biasanya terjadi pada orang dengan kondisi atopic atau kulit yang bisa dibilang sensitive.

Dapat muncul reaksi alergi atau iritasi terhadap residu yang sering dijumpai di kandungan detergen, pelembut atau pengharum yang biasa digunakan pada saat mencuci masker atau komponen tekstil seperti bahan atau pewarna masker.
Yang kedua, dapat dikenal dengan istilah maskne, yaitu munculnya acne atau jerawat terbentuk pada area yang tertutup masker yang disebabkan karena adanya gesekan, tekanan atau kondisi tertutup, panas dan lembab.

Hal – hal tersebut dapat mempermudah terjadinya sumbatan di area kelenjar minyak pada kulit, hal inilah yang menimbulkan jerawat. Khususnya di orang yang mempunyai tipe oily skin.
Permasalahan ketiga peradangan kulit. Bisa terjadi karena gesekan di area masker secara berulang tanpa disadari biasanya pada saat berbicara, memperbaiki posisi masker atau saat tersenyum. Gejalanya gatal, merah bahkan lecet pada kulit wajah.

Karena penggunaan masker yang terlalu lama biasanya kelembapan akan meningkat. Nah gimana sih cara ngatasin permasalahan kulit tersebut? Pilih bahan masker yang akan digunakan kain katun yang tidak mengakibatkan iritasi atau alergi, jangan lupa membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker, hindari pemakaian make up yang berlebihan karena dapat menyumbat pori – pori yang pada akhirnya munculnya jerawat, dan tidak kalah lupa untuk mengganti masker setelah 4 jam pemakaian ketika sudah lembab, kotor ataupun basah.

Untuk kamu yang acne prone, bisa menggunakan mouisturizer yang tidak mengandung non comedogenic, aplikasikan secukupnya. Nah, berbagai cara mengatasi di atas juga menjadi solusi untuk mencegah dari berbagai permasalahan kulit dan juga bagaimana cara menjaga tetap sehat dan cerah meski harus menggunakan masker seharian.

Apabila belum juga teratasi meski telah melakukan cara-cara di atas, kamu bisa berkonsultasi dermatologist yang tersedia di ZAP Premiere terdekat di kotamu.
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
Online Consultation