Ini Dia Tips Agar Punya Rambut Sehat

Blog Beauty
02.12.2021
 
 

Mau Punya Rambut Sehat? Ini dia tipsnya!

Rambut adalah bagian yang tidak kalah penting untuk dirawat dari bagian tubuh lainnya seperti menggunakan sunscreen pada wajah atau menggunakan body lotion pada area tubuh agar tetap lembab. Memiliki rambut yang sehat dan berkilau tentunya jadi impian tiap wanita, merawat rambut tidak cukup dengan hanya keramas secara rutin loh. Selain itu menggunakan alat styling rambut secara rutin ternyata dapat merusak rambut kamu. Maka dari itu mari simak, ini dia informasi yang perlu kamu tahu supaya bisa punya rambut yang sehat dan berkilau.

1. Merawat Kulit Kepala

Menurut ahli perawatan rambut, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang kulit kepala yang sehat adalah kunci dari rambut sehat. Beberapa ahli juga menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang mampu menjaga produksi minyak alami pada kulit kepala dan sebisa mungkin hindari produk dengan kandungan sulfat, alkohol, maupun pewangi. Perawatan dapat dilakukan dengan memijat kulit kepala saat keramas secara perlahan agar meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau.

2. Pilih Shampoo yang tepat

Pilihlah jenis shampoo yang sesuai dengan jenis rambut kamu misalnya untuk rambut rontok, ketombe atau untuk rambut yang diwarnai. Hindari shampoo yang mengandung bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Ketika keramas, kamu  dianjurkan untuk menggunakan air biasa atau hangat, karena air panas dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga membuat rambut kusam. Jangan lupa aplikasikan conditioner setelah keramas agar rambut lembut dan mudah diatur.

3. Minimalkan styling pada rambut

Kamu juga dapat mengurangi terlalu sering mengikat atau mengepang rambut dan jangan terlalu lama atau terlalu sering menyisir rambut. Selain itu, kurangi pemakaian produk rambut berbahan kimia dan pemakaian alat penata rambut yang menggunakan panas listrik, seperti pelurus, pengeriting, atau pengering rambut. Jika kamu harus styling rambut kamu jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut atau serum khusus perawatan rambut yang akan di styling.

4. Konsumsi makanan bergizi

Selain perawatan dari luar kesehatan rambut juga dipengaruhi apa yang kamu konsumsi loh. Kamu bisa makan makanan yang bernutrisi baik yang dapat membuat rambut kamu tetap sehat seperti makanan yang kaya akan protein antara lain telur, susu, kacang-kacangan, daging dan juga makanan yang kaya akan zinc dan omega-3 seperti keju, yogurt, sayur-sayuran, dan buah-buahan untuk wujudkan rambut yang sehat dan berkilau.

Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk jaga kesehatan rambut kamu agar tetap sehat dan berkilau. Jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter apabila masalah rambut kamu tak kunjung membaik. Terlebih jika rambut tampak kusam atau bahkan mengalami rontok hingga alami kebotakan setelah melakukan perawatan. Mungkin saja kamu membutuhkan penanganan medis dari dokter.

 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
WhatsZAP