Apa perbedaan antara Physical dan Chemical Exfoliation?

Blog Beauty
01.05.2021
 
 
Exfoliation merupakan suatu tindakan untuk mengatasi tumpukan sel-sel kulit mati di lapisan atas dari kulit kita. Bahwa yang kita ketahui sebetulnya sel kulit kita dapat beregenerasi sendiri. Namun dengan bertambahnya usia dan terkena paparan sinar matahari yang berlebih, terjadi penumpukkan menjadi sel sel kulit mati. Sehingga penampakkan dari kulit kita menjadi lebih kusam yang kemudian muncul pigmen-pigmen di lapisan atas dari kulit kita.

Exfoliasi terbagi menjadi dua jenis. Pertama yaitu chemical exfoliation, dapat dilakukan dengan mengaplikasikan bahan kimia yang mengandung asam seperti, retinoic acid, retinol, AHA dan BHA. Dimana biasanya kandungan asam ini berada dalam produk kecantikan yang di preskripsikan kleh dokter-dokter maupun dijual bebas. Chemical exfoliation baik untuk dilakukan pada kasus-kasus seperti jerawat meradang, komedo terbuka dan tertutup, juga untuk wajah dengan flek.

Kerugian dari chemical exfoliation adalah harus hindari penggunaan pada kasus kulit sensitif karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Hasil yang didapatkan tidak instant, harus ada beberapa hari.

Physical Exfoliation itu bisa berupa home device seperti brush, ataupun yang biasa dokter ZAP kerjakan di klinik yaitu microdermabrasi. Microdermabrasi ini sangat baik dilakukan pada kasus-kasis dimana wajah yang terlihat kusam dan banyak komedo tertutup. Kelebihan exfoliation adalah tindakan yang terlihat instant karena lapisan terluar kulit kita terangkat dan langsung menjadi cerah . Namun tidak di sarankan untuk yang masih berjerawat aktif. Tip yang digunakan untuk microdermabrasi untuk satu kali pakai sehingga ini sangat higienis.

Tips untuk melakukan tindakan exfoliation adalah sebaiknya melakukan konsultasi dahulu, untuk mengetahui problem yang ada di wajah kepada dokter agar direkomendasikan oleh dokter agar setelahnya di sarankan lebih cocok chemical peeling ataupun physical exfoliation. Untuk menghindari terjadinya efek samping yang bisa saja muncul dari tindakan exfoliation.
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
Online Consultation