Kenali Penyebab dan Gejala Kusta

Blog Ask A Doctor
08.02.2021
 
 
Kusta (leprosy) adalah salah satu penyakit yang seolah terasa jauh, namun sebenarnya masih ada diantara kita. Penyakit kusta merupakan penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae. Kusta dapat menyerang kulit dan saraf tepi. Penularan kusta terjadi melalui kontak dekat dan lama, antara individu yang rentan dan pasien yang terinfeksi. Penularan utama bisa terjadi melalui mukosa hidung dan yang lainnya bisa melalui erosi kulit, darah, penularan vertikal, ASI.

Tanda dan Gejala Kusta biasanya terdapat di kulit dan saraf tepi, sehingga diagnosis ditegakkan berdasarkan pemeriksaan kulit dan pemeriksaan saraf. Diagnosis dini sangat penting, oleh karena itu kita perlu mengetahui beberapa gejala yang umum timbul dan dengan cepat periksa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejalanya bisa berupa bercak putih atau kemerahan yang sedikit meninggi dan bisa disertai dengan penurunan sensitivitas atau menjadi baal di bercak tersebut. Jika merasakan di bagian kulit yang memiliki ciri tersebut segaralan datang konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) di ZAP Premiere.

Sumber : dr. Astrid Teresa, SpKK
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 

 

Testimonial

Locations

Video

 

 
 

 
Online Consultation