Kiat Sukses Meraih Top Brand Award

Brand atau merek merupakan sarana yang digunakan perusahaan untuk menarik pelanggan. Dengan merek sebuah produk/jasa yang diproduksi, perusahaan menjadi dikenal pelanggan.

Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk/jasa mereka dan mengomunikasikan kekuatan merek yang dimilikinya kepada khalayak.

Tujuannya tentu agar merek memiliki ekuitas yang tinggi di mata pelanggan. Sebuah merek dikatakan memiliki ekuitas yang tinggi jika pelanggan memiliki persepsi positif. Pelanggan merasa merek tersebut adalah bagian dari aktivitas keseharian mereka.

Jika sudah demikan, bisa dikatakan merek menjadi aset tak berwujud (intangible asset) penting yang memiliki nilai spikologis dan nilai financial bagi perusahaan.

Merek-merek peraih Top Brand Award pastilah memiliki ekuitas yang tinggi. Karena, penghargaan ini merefleksikan 3 elemen penting untuk mengukur kinerja merek.

Ke-3 elemen penting tersebut mencakup seberapa banyak pelanggan yang mengenal suatu produk, seberapa banyak pelanggan yang menggunakan suatu produk, dan seberapa banyak pelanggan yang berkomitmen menggunakan kembali suatu produk di masa mendatang.

Lalu, bagaimana cara meraih Top Brand Award?


Mungkin Anda bisa belajar dari ZAP yang sukses meraih Top Brand Index 49,3%. Sebenarnya ZAP merupakan perusahaan yang relatif baru, berdiri pada tahun 2009. Hingga kini gerainya sudah 17 dan tersebar di 17 kota besar Indonesia.

Perusahaan jasa penghilang bulu ini pertumbuhan pelanggannya cukup mengagumkan. Kalau di tahun 2015 menangani 5000 treatment per bulan, tahun ini angkanya melonjak menjadi 50.000 per bulan.

Tentu saja, prestasi gemilang yang diraih ini karena ZAP sangat memahami akan pentingnya aktivitas marketing. Bagi ZAP biaya yang dikeluarkan untuk marketing merupakan sebuah investasi.

Setelah pondasi kuat di pasar jasa penghilang bulu (hair removal), ZAP melakukan ekstensi merek (brand extension) dengan menggarap pasar yang lebih luas. yakni menyasar pasar perawatan kulit (skin care).


Anda dapat mengetahui lebih mendalam tentang strategi-strategi apa saja yang digunakan para pemenang Top Brand Award di Majalah marketing edisi Agusutus 2016.

 



 

Liputan Media Online
07.11.2016
 

 

ZAP Warrantys

Testimonial

Locations

Video