Manfaatkan Google Search, Sebagai Asisten Pribadi

Blog Lifestyle
02.11.2016
 
 
Source image : core0.staticworld.net

Ketika melihat bagaimana Alexa dari Amazon  dan Siri dari Apple memikat para pengguna setianya, Google pun menciptakan aplikasi personal assistant miliknya sendiri.

Ide awal aplikasi ini pertama kali diungkapkan pada bulan Mei 2016 di konferensi Google I/O, menyebutkan bahwa ini merupakan perbaikan dari semua pengalaman yang diberikan oleh Google Now juga merupakan perluasan personal asisten yang diaktifkan dengan suara yang disebut “OK Google”.  Anda dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban, kemudian menindak lanjuti dengan beberapa pertanyaan, lalu Google memberikan jawaban yang paling sesuai. Layanan ini terintegrasi dengan produk chat yang baru juga dibangun di Allo, sebuah aplikasi chat bot yang baru, juga Google Home.

Pada dasarnya konsep Google Assistant adalah menciptakan asisten virtual untuk Anda melalui smartphone yang Anda miliki, asisten disini bukan hanya sekedar menjawab apa yang Anda tanyakan saat itu namun juga benar-benar melakukan percakapan sehingga dapat memberikan solusi dari yang Anda butuhkan.

Google Assitant membuat Anda dapat melakukan percakapan dua arah dengan Google yang memahami dunia Anda dan membantu Anda menyelesaikan sesuatu. Hal ini akan mempermudah dalam berbagai urusan misalnya: membeli tiket film saat bepergian, menemukan restoran paling sempurna untuk berkencan, atau menemukan tempat fastfood terdekat sambil menunggu jadwal film diputar dan kemudian memberikan navigasi ke bioskop.

Source image : s3.amazonaws.com

Bagi Anda yang telah lama menggunakan ponsel berbasis Android, pasti telah mengetahui bagaimana Google Now memberikan informasi-informasi yang relevan untuk Anda. Layanan ini mengetahui dimana Anda bekerja, tempat Anda akan melakukan meeting dengan kolega, group musik favorit Anda, rencana perjalanan dan lain lain, disajikan dalam catatan pengingat. Kemudian di Google OK teraktifasi oleh suara Anda dan mengambil informasi tersebut untuk mengirim pesan, memeriksa janji dan sebagainya seperti hal nya Siri pada IOS Apple. Nah, Google Assistant akan melakukan kedua fungsi ini bersamaan dengan rancangan interaksi percakapan yang membuat Anda lebih nyaman seolah memiliki sekretaris pribadi.

Google Assistant pertama kali diintegrasikan dalam perangkat Google Pixel, kemudian terhubung dengan aplikasi chat Google Allo. Allo telah kompatible di hampir semua smartphone bahkan Iphone, sehingga dapat dikatakan aplikasi assistant ini juga bisa Anda temukan di semua Android, Android Wear dan juga perangkat Android Auto.

Jika yang Anda miliki adalah perangkat Google Pixel, Anda akan menemukan berbagai kemudahan dalam memanfaatkan fitur Google Assistant ini. Anda akan menemukan akses instant dari tombol home dengan menekannya beberapa saat dan seketika muncul applikasi assistant. Selanjutnya Anda cukup mengatakan pertanyaan atau kebutuhan Anda yang seketika terketik di layar, kemudian disampaikan jawaban jika belum sesuai Anda dapat memilih untuk melanjutkan percakapan.

Misalnya, ketika menanyakan tentang makan malam, dan Google Assistant memberikan berbagai alternatif tempat makan dari informasi database Google. Saat Anda telah memilih satu tempat maka dia akan memberikan tawaran untuk mencoba layanan reservasi restoran tersebut, sesuatu yang tidak dilakukan oleh aplikasi asistent virtual sebelumnya.

Source image : www.theguardian.com

Google Assistant juga mengambil alih hal-hal yang berhubungan dengan navigasi. Jika dengan Google OK Anda akan diberikan petunjuk jalur menuju rumah atau tujuan tertentu, Google Assistant akan memberitahukan beberapa warung kopi di jalan yang dilalui atau mungkin supermarket untuk berbelanja.

Cobalah untuk eksplorasi ruang lingkup Google Assistant ini. Anda akan menemukan begitu banyak perpaduan dari layanan-layanan yang pernah ada. Ini benar-benar dirancang untuk hal-hal yang sangat sesuai dengan diri Anda, ini bukan sekedar asisten virtual, ini lebih mendekati untuk personal assistant.

 
 

 

ZAP Warrantys

Testimonial

Locations

Video