Berolahraga Memperpanjang Usia Anda

Blog Health
01.09.2016
 
 

Bagi Anda yang sibuk bekerja, mulailah luangkan waktu Anda sedikit saja untuk berolahraga. Dengan melakukan berolahraga selama 1 jam sehari, seperti jalan cepat atau bersepeda, dapat mencegah kematian dini yang bisa dipicu oleh duduk selama lebih dari 8 jam sehari. Hal tersebut menguatkan manfaat dari berolahraga bagi seseorang yang mempunyai pekerjaan yang mengharuskan duduk dalam jangka waktu yang lama.

Di dalam studi yang sama juga menunjukkan bahwa kegiatan menonton televisi selama lebih dari 3 jam sehari juga berhubungan dengan terjadinya kematian dini, kecuali bagi seseorang yang sangat aktif berolahraga. Risiko kematian dini sangat meningkat tajam bagi seseorang yang mempunyai kebiasaan menonton televisi selama lebih dari 5 jam sehari. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan menonton televisi berhubungan erat dengan duduk lama dan tubuh yang inaktif.

Peningkatan risiko kematian dini berkisar antara 12% sampai dengan 59% tergantung dari seberapa lama waktu olahraga yang dilakukan. Seseorang yang melakukan olahraga 60-75 menit per harinya tidak memiliki peningkatan risiko kematian dini, walaupun mereka mempunyai kebiasaan menonton TV lebih dari 8 jam sehari sekalipun.

Penelitian di atas menunjukkan bahwa aktivitas fisik sangat berhubungan erat dengan kesehatan. Gerakan tubuh dalam bentuk apapun sangat mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Hindari duduk, perbanyak bergerak, semakin banyak bergerak maka akan semakin baik.

Apabila Anda tidak berolahraga tetapi bisa berdiri dalam waktu yang lama, lakukanlah! Dan sebaliknya, apabila Anda tidak bisa berdiri dalam jangka waktu yang lama, tetapi sempat berolahraga, lakukanlah juga! Akan lebih baik apabila Anda bisa melakukan kedua-duanya (berdiri dan berolahraga), semua gerakan adalah sifatnya baik bagi tubuh kita. Orang yang malas berolahraga cenderung berisiko menderita penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker usus dan payudara.

Oleh karena itu, mulai sempatkanlah waktu untuk berolahraga dan hindari duduk dalam jangka waktu yang lama. Perbanyak aktivitas fisik untuk mengurangi risiko kematian dini dan risiko terhindar dari beberapa penyakit kronis. Selain itu, perbaiki kebiasaan buruk, seperti kurang istirahat, merokok, dan minum-minuman beralkohol. Selamat mencoba!

 
 

 

ZAP Warrantys

Testimonial

Locations

Video