Kapan Makeup Anda Harus Dibuang ?

Blog Beauty
07.11.2016
 
 

Sumber gambar: Pinterest.com

Kamu beauty enthusiast? Sangat wajar sebagai seorang wanita sangat mencintai kosmetik, bahkan mengkoleksinya hingga puluhan atau ratusan item makeup.  Namun harus diingat, ada hal penting lho yang sering kita lupakan yaitu tanggal kadaluwarsa! Beberapa produk kecantikan memang mencantumkan masa pakai pada kemasannya. Kalaupun tidak, ulasan berikut bisa jadi panduan untuk mengetahui kapan kamu harus membuang produk makeup yang seharusnya tidak digunakan lagi.

  • Foundation  
    Untuk foundation yang liquid, masa pakainya hingga 1 tahun, sedangkan untuk yang berbahan dasar minyak, masa pakainya hingga 18 bulan. Alas bedak berbahan dasar minyak lebih awet, karena minyak membantu mempertahankan usia produk lebih lama.

  • Bedak
    Segera ganti bedakmu jika usianya sudah mencapai 2 tahun, karena penggunaan bedak umumnya hanya bisa digunakan selama 1 hingga 2 tahun. Bedak yang sudah tidak layak pakai juga bisa dilihat dari perubahan warna ataupun bau kurang sedap yang ditimbulkan.

  • Maskara
    Jika mulai tercium bau aneh seperti gas dan teksturnya mengering, itu artinya maskara sudah tidak layak digunakan. 3 sampai 6 bulan adalah usia aman pemakaian maskara. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kuas maskara setelah penggunaan, apalagi kalau kuas maskara sudah tertempel produk sampai kering.
     
  • Blush On
    Blush on bubuk biasanya dapat bertahan hingga 2 tahun, sementara blush on krim dapat bertahan 6 bulan hingga 1 tahun. Blush on yang sudah memasuki masa kadaluwarsa akan terlihat kusam dan lebih gelap daripada warna awal ketika pertama kali membukanya.

  • Eyeshadow
    Eyeshadow berbahan cream dapat bertahan selama 18 bulan, sedangkan eye shadow bubuk dapat digunakan hingga 2 tahun. Beberapa eyeshadow berkualitas baik bahkan dapat bertahan sekitar 3 hingga 5 tahun. Tapi pastikan untuk mengganti kuas yang digunakan dengan teratur, minimal setahun sekali.

  • Eyeliner
    Pensil eyeliner bisa kamu gunakan selama 12 bulan, sementara liquid eyeliner hanya baik digunakan hingga jangka waktu 6 bulan saja setelah dibuka pertama kali.

  • Lipstick
    Berubah warna dan tektur, serta mengeluarkan bau aneh merupakan tanda bahwa lipstick sudah kadaluwarsa. Jika kamu mengoleksi produk makeup yang satu ini, sebaiknya berikan jeda waktu saat membelinya, agar lipstick tidak kadaluwarsa di waktu yang bersamaan.




 
 

 

ZAP Warrantys

Testimonial

Locations

Video