Cara Turunkan Berat Badan tanpa Hal Rumit oleh dr. Sarah

Blog Beauty
02.11.2016
 
 

Menurut dr. sarah berat badan tergantung kepada asupan kalori yang masuk dan seberapa banyak pengeluaran kalori dari aktivitas tubuh. Berat badan ideal akan tercapai hanya apabila asupan kalori sesuai dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Sementara untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengonsumsi kalori lebih sedikit dan meningkatkan aktivitas fisik untuk pembakaran kalori.

Menurunkan berat badan memang bukanlah perkara yang mudah, ini terbukti dengan banyaknya orang yang gagal dalam menjalankan diet. Selain dibutuhkan kesabaran, komitmen yang kuat serta konsistensi merupakan tantangan terbesar dalam melakukan upaya penurunan berat badan.

Dokter cantik kelahiran  oktober 1983 ini menambahkan bahwa diet atau mengurangi berat badan sendiri memang sangat identik dengan tindakan yang tidak mengenakkan seperti misalnya membatasi porsi makan, harus melakukan olahraga dan masih banyak lagi hal lain yang harus dilakukan. Meski demikian bukan berarti Anda tidak bisa menurunkan berat badan, karena jika dilakukan dengan benar, maka menurunkan berat badan dalam jumlah yang besar bukanlah hal yang mustahil.

Lalu apa saja cara aman yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan? “diet sendiri pada dasarnya bukanlah hal yang rumit. Tapi banyak orang yang membuatnya seolah hal rumit. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam upaya penurunan berat badan misalnya dengan:

  1. Pelajari Nilai Kalori pada Makanan, Wajib Hukumnya!
    Apabila asupan kalori lebih banyak dari yang dikeluarkan, maka akan mengakibatkan penumpukan kalori menjadi lemak yang dapat memicu obesitas. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan diet, maka tentunya Anda harus memperhatikan nilai kalori per sajian pada setiap makanan yang Anda konsumsi. Ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengontrol konsumsi kalori harian. Tanyakan pada orang yang berkompeten atau rajin browsing mengenai cara menghitung kalori dapat membantu Anda.

  2. Jangan “Mager” alias Malas Gerak
    Olaharaga atau melakukan aktivitas fisik berarti melakukan pembakaran kalori, semakin banyak kalori yang terbakar, maka akan semakin bagus untuk upaya penurunan berat badan Anda. Rutin melakukan olahraga minimal 30 menit sehari akan membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat. Tidak perlu melakukan olahraga berat, karena olahraga sederhana seperti jogging atau bersepeda dapat membakar sekitar 300 hingga 400 kalori. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga yang rutin dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu akan memberikan kontribusi sekitar 40% dalam proses penurunan berat badan. Bersih-bersih rumah secara rutin juga bisa dijadikan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan lho!

  3. Hindari Begadang
    Untuk bisa menurunkan berat badan, makan malam merupakan hal penting yang harus dihindari. Pada malam hari tubuh mengalami penurunan kemampuan dalam memproses makanan, pada malam hari juga aktivitas yang dilakukan cenderung sedikit bahkan tidak ada. Ini akan memicu terjadinya penumpukan lemak yang mengakibatkan tubuh menjadi gemuk. Untuk menghindari lapar di malam hari, sebaiknya hindari begadang, karena begadang membuat Anda mudah lapar.

  4. Banyak minum air putih hangat
    Minum air putih selain akan menghidrasi tubuh juga akan membantu Anda untuk merasa kenyang sehingga keinginan untuk makan pun akan hilang. Selain bagus untuk membantu proses penurunan berat badan, banyak minum air putih juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh maupun kulit.

“Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan gizi seimbang, maka akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikannya pada pakar gizi, mereka akan membantu Anda untuk menjalankan program penurunan berat badan ini dengan cara yang lebih aman dan terkontrol” tutupnya.

Sumber Gambar:
www.freepik.com

 

Dr Sarah

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Menteng

 

 

ZAP Warrantys

Testimonial

Locations

Video