Penyebab Kulit Gelap (Hiperpigmentasi) secara Medis

Blog Ask A Doctor
02.09.2016
 
 

Hiperpigmentasi merupakan perubahan warna kulit yang menyebakan kulit wajah menjadi lebih gelap. Pada dasarnya perubahan ini terjadi akibat adanya perubahan tirosin menjadi dopa kemudian diubah menjadi melanin dengan bantuan enzim tirosinase.




Enzim Tirosinase inilah yang menjadi target beberapa obat whitening. Obat yang sampai saat ini masih dianggap sebagai gold standard obat hiperpigmentasi adalah hidroquinon (HQ)

Hidroquinon (HQ) dapat menghambat bekerjanya enzim tirosinase yang merupakan salah satu penyebab munculnya pigmen di permukaan kulit wajah.

Penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter dan dikontrol secara berkala agar dosis yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

Untuk mengatasi kulit gelap juga dapat dibantu dengan perawatan yang dapat mengurangi pigmentasi, seperti halnya Face Rejuvenation. Menggunakan teknologi berbasis cahaya yang bekerja pada lapisan epidermis (kulit bagian luar), Face rejuvenation dapat mengurangi pigmentasi sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah. Selain itu, perawatan ini juga berfungsi untuk mengurangi flek berwarna hitam, menyembuhkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah, meremajakan kulit wajah dengan merangsang regenerasi kolagen sehingga kulit terasa lebih kenyal dan kencang.

 
 

 

ZAP Warrantys

Testimonial

Locations

Video