Jangan keliru pahami prosedur treatment PRP!

Blog Ask A Doctor
04.03.2021
 
 
Tampil cantik dan awet muda tentu menjadi impian dari banyak orang, terutama khususnya wanita. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa melakukan perawatan terapi plasma darah atau disebut juga sebagai Platelet Rich Plasma atau yang biasa disebut dengan (PRP). Treatment ini bertujuan untuk mengupayakan peremajaan kulit wajah, berguna sebagai anti aging juga dapat memicu pertumbuhan sel‐sel baru dan pembentukan kolagen.

PRP bisa dilakukan di beberapa area tubuh, termasuk wajah. Setelah dilakukan pengambilan darah akan dilakukan proses sentrifugasi atau pemisahan antara sel darah merah (eritrosit) sekitar 45%, dan plasma darah sekitar 55% dari total darah. Lapisan plasma berwarna kuning paling atas terbagi menjadi 3 lapisan. Lapisan teratas (2/3 atas) disebut lapisan PPP (Platelet Poor Plasma).

Sedangkan untuk di bagian Lapisan kedua (1/3 bawah) merupakan PRP (Platelet Rich Plasma), di mana bagian ini merupakan bagian terpenting pada proses PRP treatment, karena pada PRP inilah terkandung banyak trombosit (platelet) yang mengandung banyak Growth factors.

Kemudian pada lapisan terakhir (<1%) yang berwarna keputihan disebut buffy coat, terletak antara sel darah merah (eritrosit) dengan plasma, bagian ini juga merupakan bagian terpenting karena mempunyai kadar konsentrat trombosit yang sangat besar.

Pada treatment PRP di ZAP, menggunakan bagian terbaik dari plasma, yaitu Buffy coat dan PRP, serta PPP dalam jumlah yang kecil lalu baru dilakukan injeksi dengan teknologi vital injector proses treatmentnya sendiri memakan kurang lebih 30 menit. Setelah proses treatment selesai, akan dioleskan tabir surya atau SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari
Hingga saat ini, PRP treatment telah banyak diminati oleh banyak pria maupun wanita untuk mengatasi acne scar (bopeng) ataupun membantu pertumbuhan pada rambut, treatment PRP aman dilakukan jika dilakukan oleh dokter berpengalaman dan memerlukan 3-4 minggu sekali dalam pengulangannya.
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng