Eksfoliasi Aman Buat Kulit Gak Sih?

Blog Ask A Doctor
05.01.2022
 
 
Secara alami kulit dapat membuang lapisan terluarnya setiap satu bulan sekali. Lapisan ini sebenarnya bisa mengelupas dengan sendirinya. Akan tetapi, proses pengelupasan kulit akan melambat seiring bertambahnya usia. Jika lapisan kulit yang mati tidak mengelupas, sel-sel baru di bawahnya tidak dapat muncul ke permukaan kulit sehingga kulit tampak kusam dan kering. Selain itu, sel kulit mati yang menumpuk juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Melakukan eksfoliasi bisa dibilang cukup penting karena perawatan ini membantu kulit mempercepat proses pengelupasan serta meringankan beberapa kondisi kulit. Itulah sebabnya eksfoliasi menjadi salah satu perawatan yang baik untuk kulit. Selain mempercepat proses alami pengelupasan kulit, perawatan ini juga memberikan manfaat lain, kulit menjadi lebih cerah karena sel-sel kulit yang menumpuk sudah dibersihkan dan aliran darah pada wajah menjadi lebih lancar.

Eksfoliasi kulit wajah bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara mekanik dan kimiawi. Keduanya sama-sama aman dilakukan jika digunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit masing-masing.

Eksfoliasi secara mekanik adalah tindakan yang biasanya dilakukan dengan menggunakan scrub, serat microfiber, sikat halus, dan sponge. Eksfoliasi mekanik juga bisa dilakukan oleh dokter dengan tindakan mikrodermabrasi. Sedangkan eksfoliasi kimiawi biasanya menggunakan bahan-bahan yang bersifat asam seperti Alpha Hidroxy Acid (AHA), Beta Hidroxy Acid (BHA), Lactic Acid, Citrus Acid, dan lain-lain. Eksfoliasi kimia dapat menimbulkan pengelupasan ringan hingga sedang, tergantung dengan konsentrasi zat yang digunakan. Selain itu, cara ini juga mampu mempercepat siklus pergantian sel-sel kulit dan melepas sumbatan pada pori-pori.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, memang disarankan untuk lebih sering melakukan eksfoliasi kulit. Sementara sebaliknya, jika kamu punya kulit sensitif, jangan terlalu sering eksfoliasi, lakukan setidaknya satu kali dalam seminggu saja.

Eksfoliasi mekanik, entah itu dengan scrub atau dengan sikat halus cukup dilakukan 2 kali dalam seminggu. Sedangkan, eksfoliasi kimia dengan konsentrasi sangat rendah dapat dilakukan setiap hari, sesuaikan dengan jenis kulit kamu.

Eksfoliasi memang dapat dilakukan sendiri di rumah namun jika kamu ingin melakukan eksfoliasi dengan bahan kimia baiknya kamu lakukan di klinik kecantikan bersama dokter dan dapat dilakukan sekitar 2 atau 4 minggu sekali. Penting untuk melakukan eksfoliasi sesuai dengan kondisi kulit kamu dan saran dokter ya.

Treatment eksfoliasi juga tersedia di ZAP salah satunya ada Chemical Peeling atau Diamond Peeling, jangan lupa untuk konsultasikan kulit kamu sebelum treatment ya. Happy ZAP Life!
 

ZAP Clinic Team

zapclinic.com

Lokasi Praktek : ZAP Premiere Menteng

 
WhatsZAP